ManadoNewsToday

Informasi Terpercaya dari Sulawesi Utara

44 views

Rektor Unima Buka Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022, Panitia Siapkan Masker dan Sarung Tangan

Rektor Unima Prof Deitje Katuuk bersama PR 1, Koordinator UTBK SBMPTN dan Kapuskom Unima.

Manadonewstoday.com, Tondano -Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN yang dilaksanakan secera serentak di seluruh Indonesia termasuk di Unima mulai Selasa, (17/5) hari ini berlangsung secara baik. Sesuai data yang masuk ke panitia pelaksana, jumlah peserta UTBK SBMPTN Unima dihari pertama ini mencapai 360 orang. Sejak pukul 06.30 WITA, peserta terlihat sudah berada di seputaran gedung pusat komputer (Puskom) yang terletak persis di belakang kantor pusat Unima.

Peserta umumnya memakai seragam putih hitam lengan panjang, lengkap dengan memperhatikan penerapan prokes (Protokoler Kesehatan) seperti memakai masker dan sarung tangan. Bahkan, terlihat panitia ikut membagikan masker dan sarung tangan bagi peserta yang tidak memakainnya. Tepat pukul 07.10 WITA, panitia langsung mengarahkan peserta untuk berbaris sesuai dengan nomor urut peserta. Sambil membacakan beberapa peraturan dan ketentuan soal pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun 2022, panitia ikut mengawali seluruh kegiatan dengan melakukan doa bersama yang dipimpin salah satu panitia pelaksana Irwani Maki, SH.,MH.

Universitas Negeri Manado

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd dalam arahannya kepada peserta UTBK SBMPTN tahun 2022 mengatakan, pelaksanaan UTBK SBMPTN hari ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia termasuk di kampus Unima. “Saya menyampaikan terima kasih kepada peserta yang sudah memilih kampus Unima sebagai lokasi pelaksanaan UTBK tahun ini,” kata Prof Katuuk, yang hari ini didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik sekaligus Ketua Panitia Pelaksana UTBK SBMPTN Prof. Dr. Orbanus Naharia, MS, Koordinator Pelaksana UTBK SBMPTN Unima Dr. Javier Tuerah, Kepala Pusat Komputer Bobi Hamenda, SE.,M.Si, Direktur Pasca Sarjana Unima Prof. Dr. Philopus Tuerah, M.Pd, Karo Perencanaan serta sejumlah panitia pelaksana lainnya.

Menurut Rektor, sebagai salah satu PTN di Sulut, maka Unima terus melakukan pembenahan sistim pendidikan serta hadirnya sejumlah prodi (Program Studi) bergengsi di seluruh fakultas diantaranya di fakultas teknik, fakultas ilmu pendidikan, fakultas ilmu sosial, fakultas keolahragaan, fakultas ekonomi, fakultas bahasa dan seni, fakultas matematika dan IPA serta program pasca sarjana. “Silahkan anda memilih prodi yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan talenta anda,” jelas Prof Katuuk yang juga Wakil Ketua Kompelka W/KI Sinode GMIM ini.

Usai memberikan arahan kepada peserta UTBK SBMPTN, rektor bersama panitia pelaksana langsung memantau kesiapan peserta saat berada di dalam ruangan. Terlihat rektor keluar masuk-ruangan untuk memeriksa server dan komputer yang tersedia di laboratorium komputer Unima tersebut. Sesekali, rektor meminta penjelasan kepada Kapuskom Boby Hamenda, SE, M.Si soal kesiapan sistim IT Unima dalam melaksanakan agenda nasional tersebut. “Semua sistim IT-nya telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UTBK SBMPTN hari ini,” kata Boby Hamenda.

Sementara, Koordinator UTBK SBPMTN Unima tahun 2022 Dr. Javier Tuerah mengatakan, pihaknya telah menyiapkan secara matang untuk pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini, termasuk jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman aliran listrik di wilayah Tondano. Menurut putra mantan Rektor Unima Prof. Philopus Tuerah ini, sebelumnya pihaknya telah menyurat secara resmi kepada PLN Wilayah Tondano untuk memberitahukan bahwa, hari ini akan ada pelaksanaan UTBK SBMPTN secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Unima. “Kalaupun terjadi pemadaman secara mendadak, kami sudah siapkan genzet, meskipun kami berharap pihak PLN bisa memaklumi keadaan ini,” tutup Javier yang hari ini terlihat sibuk mendistribusikan dosen pengawas di sejumlah ruangan test. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *